Puskomkref Kota Parepare

PAREPARE- Pusat Komunitas Kreatif atau yang disingkat dengan Puskomkref merupakan merupakan sebuah bangunan yang difasilitasi media transformasi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam rangka meningkatkan pengetahuan, kreativitas dan kemampuan masyarakat, khususnya Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Program ini merupakan tindak lanjut hasil survey manfaat bisnis via internet yang dilakukan pihak kementerian Komunikasi dan Informatika pada  2008 dan tahun 2009. Hasil survey memperlihatkan bahwa bisnis yang bisa digerakkan melalui internet setiap tahunnya bisa mencapai Rp. 2,3 triliun.

Di Indonesia, sekarang ini ada enam Puskomkref yang telah dibangun yakni  di Kabupaten Lombok Utara, Lamongan, Palangkaraya, Payakumbuh, Parepare dan di tahun 2014 ini akan dibangun di Kutai Kertanegara.

Puskomkref di Kota Parepare berada di Dinas Komunikasi dan Informatika yang diresmikan pada 1 Juli 2013. Sejak berdirinya telah dilakukan  beberapa kegiatan pelatihan bagi UKM dan juga pelatihan bagi para PNS dan siswa.


Menurut Kepala Sub Direktorat Interoperabilitas dan Interkonektivitas e-business Kementerian Komunikasi dan Informatika, Hafni Septiana Nur Indah bahwa keberadaan Puskomkref merupakan wadah bagi UKM untuk mengembangkan kreatifitas produknya. " Pelaku UKM  diharapkan dapat merubah cara –cara konvensional dalam pemasarannya produknya menjadi pemasaran secara digital."ujarnya
Dalam Puskomkref terdapat tiga ruangan yakni ruangan pembelajaran untuk memberikan pelatihan , kemudian ruangan kreatif yang ditujukan bagi UKM untuk melakukan pembelajaran di luar pelatihan dan ruang pamer yang akan menampilkan display produk bagi UKM.


Meskipun pada dasarnya Puskomkref ini ditujukan untuk UKM, akan tetapi  tidak menutup kemungkinan masyarkat lainnya  memanfaatkan fasilitas ini  seperti para siswa maupun PNS