Pemkab Kutai Kertanegara kunjungi Puskomkref Parepare

PAREPARE – Pemerintah Kabupaten Kutai Kertanegara mengunjungi Pusat Komunitas Kreatif atau yang disingkat dengan Puskomkref Kota Parepare. Rombongan tersebut dipimpin langsung  oleh Sekretaris Daerah Kutai Kertanegara, Edi Damansyah .Mereka diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Parepare, Iwan Asaad dan beberapa pejabata struktural lingkup Dinas Kominfo Parepare.

 

Rombongan  kemudian melihat secara langsung pengelolaan Puskomkref. Mereka sempat melihat langsung  situs resmi Puskomref Kota Parepare  www.puskomkref.pareparekota.go.id yang berisi tentang kegiatan Puskomkref selama setahun ini. Dalam kesempatan ini, Kadis Kominfo Parepare Iwan Asaad  menjelaskan bahwa pengelolaan Puskomkref melibatkan UKM-UKM yang memiliki produksi tertentu dan mereka mengajarkan memasarkan produknya secara online.

 
Dalam kesempatan ini Sekretaris Daerah Kutai Kertanegara, Edi Damansyah mengungkapkan bahwa kunjungan ke Puskomkref Parepare adalah mempelajari hal-hal yang harus dipersiapkan dalam pengelolaan Puskomkref. " Pemerintah Kabupaten Kutai Kertanegara telah menandatangani kerjasama tentang pembangunan dan pengelolaan Puskomkref dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia sehingga harus memp[elajari hal-hala apa yang harus dipersiapkan."ujarnya

Dipilihnya Parepare sebagai lokasi studi banding , menurut Edi Damansyah, karena hasil diskusi dengan Dirjen Aplikasi dan Telematika Kementerian Kominfo, bahwa Parepare merupakan salah satu daerah yang behasil mengembangkan Puskomkref.

Puskomkref Kota Parepare bekerjasama dengan kementerian Kominfo telah melaksanakan pelatihan bagi UKM bulan lalu. Pelatihan ini melibatkan 15 UKM yang ada di Kota Parepare. Mereka diajarkan membuat blog yang isinya tentang produk-produk usahanya sehingga dapat diketahui orang banyak.