Bank Sulselbar dan Telkomsel Parepare Jajaki Kerjasama Puskomkref

PAREPARE-  Bank Sulsebar dan Telkomsel Kota Parepare jajaki kerjasama dalam pengelolaan Pusat Komunitas Kreatif atau Puskomkref yang berada di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Parepare.Hal tersebut terungkap dalam kunjungan Kepala Bank Sulselbar Cabang Parepare, Muh Daenur Hafsir dan Pimpinan Telkomsel Cabang Parepare, Nasiruddin ke Puskomkref Diskominfo. Mereka diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kota Parepare, Iwan Asaad didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Data Diskominfo, Fitriyani.

Kerjasama yang dijajaki antara Diskominfo parepare dengan Bank Sulselbar dan Telkomsel adalah pelatihan pemasaran online bagi pelaku Usaha kecil Mennegah atau UKM yang memiliki kredit usaha rakyat  (KUR). Hal ini dilakukan untuk membantu para pelaku UKM mengembangkan usahanya sehingga hal ini akan menghindarkan dari kredit macet.

 

Sementara dengan Telkomsel, penjajakan kerjasamanya melalui pemanfaatan teknologi internet dalam pengelolaan usaha UKM. Dengan demikian para pelaku akan melek teknologi dan hal ini akan dapat mengembangkan usahanya.

 

Dalam kesempatan ini, Kadis Kominfo Parepare, Iwan Asaad, memngungkapkan bahwa kerjasama dengan Bank Sulselbar dan Telkomsel ini, merupakan program dari Puskomkref untuk melatih para pelaku UKM untuk memaarkan produknya secara online. "Hal ini merupakan langkah inovatif yang dilakukan Dinas Kominfo untuk melaksanakan sebuah program pemerintah yang didukung oleh sektor swasta."ujarnya


Sebelumnya Puskomkref sempat mendapat kunjungan dari Pemerintah Kabupaten kutai Kertanegara yang ingin melihat langsung pengelolaan Puskomkref Parepare. Mereka memilih Parepare sebagai lokasi studi banding karena hasil diskusi dengan Dirjen Aplikasi dan Telematika Kementerian Kominfo, bahwa Parepare merupakan salah satu daerah yang behasil mengembangkan Puskomkref.


Dalam minggu ini, Puskomkref Dskominfo Parepare kembali menggelar pelatihan multimedia bagi para pelaku UKM.Kegiatan ini dilaksanakan kerjasama dengan Kementerian Kominfo Republik Indonesia. Hal ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan tahun ini, sebelumnya telah dilakukan kegiatan serupa pada bulan April lalu.