Puskom Kreatif Parepare Diresmikan

PAREPARE – Pusat Komunitas (Puskom) Kreatif Kota Parepare, Senin, 1 Juli diresmikan. Peresmian fasilitas hasil kerjasama Pemerintah Kota Parepare dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ini ditandai pengguntingan pita oleh Kadis Pendidikan Kota Parepare, Mustafa Mappangara mewakili Wali Kota Parepare, H. Sjamsu Alam.

Acara yang berlangsung di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Parepare ini dihadiri Direktur e-Business Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo, Azhar Hasyim, beberapa pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kota Parepare dan para pelaku usaha kecil menengah (UKM) Kota Parepare.

Direktur e-Business Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Azhar Hasyim, mengatakan, Puskom Kreatif merupakan salah satu program unggulan kementerian Kominfo yang diluncurkan pertama kali tahun 2010 lalu. Hingga saat ini baru enam daerah di Indonesia yang mendapatkan bantuan Puskom Kreatif, salah satunya Kota Parepare.

“Tahun 2010 yang memperoleh bantuan satu daerah yakni Lombok Nusa Tenggara Barat. Selanjutnya tahun 2011 kembali diprogramkan dan yang dapat adalah Kabupaten Lamongan. Tahun 2012 Kota Palangkaraya dan tahun 2013 dua daerah yang berhasil dapat bantuan yakni, Kota Parepare dan Kabupaten Payakumbu,” paparnya.

Puskom Kreatif kata Azhar yang datang bersama staf, merupakan sebuah bangunan yang difasilitasi media transformasi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam rangka meningkatkan pengetahuan, kreativitas dan kemampuan masyarakat, khususnya Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Program ini kata dia, merupakan tindaklanjut hasil survey manfaat bisnis via internet yang dilakukan pihaknya 2008 dan tahun 2009. Hasil survey memperlihatkan bahwa bisnis yang bisa digerakkan melalui internet setiap tahunnya bisa mencapai Rp. 2,3 triliun.

Selama tiga tahun berjalan kata Azhar , program ini telah membuahkan hasil menggembirakan. “Ada succes story dari Lamongan dimana saat ini pengusaha mereka banyak mendapatkan market di luar Jawa. Ini semua karena fasilitas Puskom Kreatif,” terangnya.

Kadis Pendidikan Kota Parepare, Mustafa Mappangara mengatakan, tidak banyak daerah di Indonesia yang memperoleh perhatian khusus dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pengadaan Puskom Kreatif tersebut kata dia, merupakan bukti dukungan yang serius dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika kepada Kota Parepare, khususnya dalam hal pemberian kemudahan perolehan dan pengembangan kegiatan usaha berbasis digital.

Dia berharap, fasilitas ini benar-benar mampu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat berdampak pada peningkatan dan pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat Parepare, khususnya para pelaku usaha kecil dan menengah